* KOMPRESOR
Kompresor adalah bagian yang terpenting dari semua mesin pendingin, mulai dari ac rumah, ac mobil, kulkas ataupun yang lainnya, Jika pada tubuh manusia kompresor dapat diumpamakan sebagai jantung yang memompa darah keseluruh tubuh kita. Sedangkan kompresor menekan bahan pendingin ke semua bagian dari sistem ac atau sistem komponen pendingin. Pada sistem refrigerasi kompresor bekerja membuat perbedaan tekanan sehingga bahan pendingin dapat mengalir dari satu bagian ke lain bagian dari sistem. Kompresor berfungsi untuk mengedarkan refrigeran untuk menaikkan tekanan pada kondensor dapat mengembun pada suhu di atas suhu udara sekeliling, berdasarkan lokasi motor kompresor dapat dikelompokkan menjadi dua jenis: kompresor tipe terbuka dan jenis kompresor yang kedap udara (hermetik), di motor terpisah kompresor jenis terbuka yaitu kompresor dan daya dari motor ditransmisikan melalui sabuk (belt) atau transmisi tenaga sistem lain, motor kompresor hermetis kompresor berada di satu tempat (selubung) yang kedap udara, ada juga jenis lain kompresor yang adalah semi-kedap udara, berbeda dengan kompresor hermetik yang selubungnya disambung dengan las, maka pada Kompresor semi hermetik selubungnya disambung dengan baut sehingga bisa dibuka untuk berbagai tujuan termasuk untuk berbagai keperluan service termasuk untuk menggulung ulang kumparan motor listrik.
* KONDENSOR
Kondensor adalah suatu alat dimana refrigeran didinginkan sehingga mengembun, pada mesin refrigerasi rumah tangga (AC) dan komersial, panas pengembunan dibuang ke udara sekeliling secara alami karena adanya perbedaan dengan suhu refrigerant dengan udara sekeliling, jenis kondensor yang digunakan pada mesin refrigerasi rumah tangga dan komersial pada umumnya jenis pipa polos dengan pendinginan alami, dalam hal ini panas yang berpindah secara alami dari refrigeran yang mengembun ke udara akibat adanya perbedaan temperatur, pada mesin dengan kapasitas yang besar banyak dijumpai kondensor dengan pipa yang bersirip, supaya temperatur dari panas yang dikeluarkan dari kondensor bisa lebih cepat didinginkan biasanya juga ada penambahan extra fan. jika pada unit ac split kondensor berada pada outdoor unit ac, berbentuk pipa polos yang telah diberi sirip-sirip aluminium agar lebih bisa menyerap panas dari system. untuk dibuang atau didinginkan dengan penambahan kipas outdoor.
* EVAPORATOR
Evaporator adalah perangkat di mana refrigeran menguap, panas yang dibutuhkan untuk penguapan diperoleh dari benda / media yang akan didinginkan, proses penyerapan panas menyebabkan penurunan suhu pada obyek / media yang didinginkan, jenis evaporator yang biasa digunakan jenis evaporator permukaan plat dan pipa polos, pada mesin dengan kapasitas besar digunakan evaporator pipa bersirip dan juga ada penambahan extra fan untuk jenis mesin pendingin tertentu, contohnya AC rumah dimana evaporator terletak pada bagian indoor unit ac, saat ini evaporator ac telah banyak dilapisi lapisan anti karat, sehingga evaporator tersebut bisa lebih tahan terhadap karat yang bisa menyebabkan kebocoran jika sudah parah. Jangan dibiasakan menggunakan obat pencuci ac disaat service atau pencucian ac oleh teknisi ac, sebab obat pembersih cooling tersebut akan menghilangkan lapisan anti karat tersebut. memang hasil yang didapat sungguh bersih jika menggunakan obat tersebut tetapi untuk jangka panjangnya Anda sendiri yang rugi.
* FILTER DRIER/KERING.
Fungsi utama dari filter drier adalah untuk menyerap uap air yang terlarut dalam refrigeran dan menyaring padatan terlarut, jika ada, air dicegah masuk ke dalam tabung kapiler dan evaporator, karena dapat menyebabkan penyumbatan oleh air yang menjadi es pada temperatur evaporator suhu rendah, Ada dua jenis filter kering/drier yaitu alumina aktif (tidak silika gel) dan saringan molekular, alumina aktif dapat menyerap lebih banyak uap air dari gel silika dan dapat menyerap asam, baik refrigerant dan pelumas, saringan molekul terbuat dari logam alumina silikat, memiliki kemampuan untuk menyerap uap air sangat tinggi, sekarang banyak digunakan filter kering adalah jenis saringan molekul, berdasarkan tingkat kemampuan untuk menyerap molekul uap air saringan dibuat dalam 3 kelas yaitu XH-5, XH-7, XH-9, semakin tinggi tingkat kemampuan dalam menyerap kelembaban yang lebih tinggi, misalnya untuk mesin dengan refrigeran R 12 biasanya menggunakan XH-5, sedangkan mesin dengan refrigeran R 134a menggunakan XH-7 atau XH-9 .
* TABUNG KAPILER / PIPA KAPILER.
Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan untuk refrigerant agar dapat menguap di evaporator pada suhu rendah, tekanan refrigerant bisa diturunkan sebagai akibat dari gesekan dalam tabung kapiler yang panjang dan diameter kecil, ukuran tabung kapiler biasanya dinyatakan dengan angka 10 , 20 dan seterusnya sampai 90, angka menunjukkan diameter pipa, grade 10 menunjukkan diameter pipa 0,010 inci, pipa kapiler termasuk sebagai katup ekspansi dan disebut juga alat pengontrol tekanan.
* ACCUMULATOR.
Juga disebut suction accumulator, surge drum, kompresor yang dirancang untuk mengkompres gas, bukannya cairan, banyak sistem refrigerasi terutama pada temperatur rendah mengembalikan banyak bahan pendingin cair ke kompresor, akibatnya bahan pendingin cair dapat menyerap minyak pelumas kompresor dan mencuci bearing (bantalan) dan di beberapa mungkin dapat menyebabkan kekurangan minyak pelumas di reservoir minyak kompresor, selain itu juga dapat menyebabkan retak atau katup kompresor rusak, akumulator dapat melindungi sistem dari kerusakan tersebut di atas dengan harga yang relatif murah, bila dibandingkan dengan komponen kompresor rusak, keuntungan lain dalam menggunakan akumulator juga dapat berfungsi sebagai peredam pada sisi tekanan rendah dari sistem.
Untuk memilih akumulator kita harus memperhatikan;
- Memiliki kemampuan untuk mengakomodasi pendingin yang tepat, ketika sistem bekerja 65% diisi pendingin cair.
- Akumulator harus mampu mengembalikan kembali jumlah oli sesuai dengan kondisi beban, pada suhu evaporator -45 rendah sampai 5 derajat Celcius, campuran minyak pelumas dan pendingin akan terpisah. minyak mengapung diatas bahan pendingin cair.
- Akumulator tidak boleh menyebabkan penurunan tekanan besar untuk sistem, penurunan tekanan terbatas hanya 1 / 2 0f.
* EKSPANSI
Untuk mengatur jumlah aliran pendingin dan membuat perbedaan tekanan pada sistem, alat pengatur bahan pendingin pada sistem refrigerasi merupakan suatu tahanan yang tempatnya diantara sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah, bahan pendingin cair yang mengalir melalui alat pengatur, tekanannya diturunkan dan jumlahnya diatur sesuai dengan keperluan evaporator.
* OVER LOAD
Over load adalah suatu keamanan atau sekering yang dapat membuka kontak arus listrik dan memutuskannya sendiri, setelah dingin kontak listrik dapat menutup kembali secara otomatis. jika arus melebihi kapasitas yang dibutuhkan maka over load ini juga harus berfungsi.
* Thermostat
Thermostat berfungsi untuk memutus listrik / jika kontrol suhu telah tercapai.
* KAPASITOR
Kapasitor adalah suatu alat listrik yang dapat menyimpan muatan listrik, terdiri dari dua lapisan logam tipis yang memiliki pengenalan listrik yang baik yang diberikan insulator atau dielektrik, motor kapasitor memiliki dua set satuan MFD dan V AC. Microfarad MFD menjelaskan kapasitas listrik (electrical capacitance) sedangkan V AC (Volt Alternating Current) menerangkan untuk arus bolak balik (AC) dan maksimum tegangan voltase yang dapat dipakai.
MINYAK PELUMAS (OIL)
Minyak pelumas di mesin pendingin adalah unsur penting untuk melumasi dan melindungi bagian yang bergerak dari kompresor, minyak pelumas dalam kompresor selalu berhubungan, bahkan dicampur dengan pendingin/refrigerant dan mengalir bersama-sama ke semua bagian dari sistem, minyak pelumas harus tetap stabil di tinggi suhu dan tekanan kompresor, minyak pelumas dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu;
1. Hewan 2.. Tanaman 3 mineral
minyak hewan dan minyak tumbuh tumbuhan adalah minyak yang tetap (fixed oil), karena tidak dapat dimurnikan tanpa diuraikan, minyak tersebut tidak stabil, mudah membentuk asam dan endapan, sehingga tidak dapat dipakai untuk mesin pendingin, minyak pelumas untuk mesin pendingin dibuat dari minyak mineral, yang baik dari berasal napthene. minyak mineral harus dibersihkan melalui proses penyulingan minyak, minyak pelumas harus mempunyai pour poin yang rendah, agar pada suhu lilinnya tidak memisah lalu membeku. lilin yang membeku dapat membuat buntu alat pengatur bahan pendingin contohnya pipa kapiler, keran ekspansi dll.
* SIGHT GLASS
Sight glass biasanya ditemukan di banyak bagian AC mobil, dan ada juga banyak di lain sistem pendinginan yang besar, berfungsi untuk melihat kondisi aliran refrigeran, jika ada air di refrigeran, akan menyebabkan komponen berkarat, dan juga bisa sebagai petunjuk untuk mengetahui indikasi refrigeran kurang atau tidak pada unit sistem. jika aliran refrigeran terlihat keruh ataupun agak keruh pada singh glass bisa diindikasikan bahwa refrigerant tersebut kurang atau kurang sama sekali dari unit pendingin.
Spare part pendingin tersebut untuk perbaikan unit AC (Air Conditioner), Kulkas, Freezer, Dispenser, AC mobil, Mesin cuci, Show Case, dan mesin Refrigerasi lainnya. Untuk jenis pengiriman paket Spare part, jika hanya membutuhkan spare part yang sekiranya ringan, Bisa menggunakan jenis pengiriman via pesawat. atau konfirmasikan ke kami jika anda telah mempunyai jasa Ekspedisi langganan. Jika paket spare part di perkirakan berat bisa menggunakan jenis ekspedisi via darat atau laut.
Kami melayani pembelian eceran atau partai kecil hingga partai besar. Silahkan pilih menu dibawah untuk segala jenis spare part yang kami jual. Jika tidak menemukan didalam menu kami apa yang anda butuhkan konfirmasikan ke kami. Dan untuk harga dan stok terbaru dari spare part kami bisa langsung hubungi kami .
Harga dan stok tidak mengikat, Untuk informasi harga dan stok terbaru Produk unit diatas bisa SMS atau WA atau Telp kami dan dapatkan harga diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu agar harga lebih murah. Silahkan hubungi kami Via SMS/WA/EMAIL/Telp pada nomer 085230990881 atau via WA 082257327149 . Via email : infobisnis8@gmail.com. .
>> Mengenal & Belajar Permasalahan AC Mobil. Klik disini.
>> Harga Kompresor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Kompresor AC alat berat SD7H15. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10P 13C. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10P 15C. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10PA 15C. Klik disini.
>> Harga kompresor AC Mobil Harrier. Klik disini.
>> Harga Kompresor Opel Blazer (Delpfi). Klik disini.
>> Harga Kompresor Mobil Ford Escape. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda Civic. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda CRV 2000-2002. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda City. Klik disini.
>> Harga Kompresor Genio. Klik disini.
>> Harga Kompresor Estillo. Klik disini.
>> Harga Kompresor Panther, Diesel. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda Stream. Klik disini.
>> Harga Evaporator / Cooling Coil ac mobil. Klik disini.
>> Harga Cooling Coil Hyundai Atoz. Klik disini.
>> Harga Cooling Coil Grand Livina. Klik disini.
>> Harga Kondensor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Filter/Receiver Drier & Ekspansi ac mobil. Klik disini.
>> Harga Aneka Fitting pipa ac mobil. Klik disini.
>> Harga Extra Fan & Motor Fan ac mobil. Klik disini.
>> Harga Motor Blower, Double Blower & Filter Udara Evaporator ac mobil. Klik disini.
>> Harga Pressure Switch & Thermostat ac mobil. Klik disini.
>> Harga Spool Magnet Compressor & Magnet Clutch Compressor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Aneka Selang pipa AC Mobil. Klik disini.
>> Harga alat press selang AC mobil. Klik disini.
Toko Online tempat menjual Kebutuhan unit alat-alat dan spareparts AC, AC Mobil, Kulkas, dll, melayani pemesanan penjualan komponent pendingin dan freon AC, AC Mobil, Kulkas Anda. Jika anda kesulitan dalam pengadaan alat-alat AC, AC Mobil, Kulkas, dll. Kami akan membantu menyediakannya untuk anda dengan cara yang praktis dan mudah melalui toko online kami.
085230990881 atau via WhatsApp 082257327149.
atau via email di infobisnis8@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar