Cara mengisi freon ac mobil sebenarnya sangatlah mudah jika kita mempunyai peralatan yang menunjang dalam hal ini dan mengenal dan mengerti komponent AC mobil tersebut. Selamat datang di Toko Online Mitra 8. Air Conditioner pada masa ini sudah merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan, Untuk informasi lengkap sparepart AC lainnya dari Mitra 8 bisa dicek pada bagian bawah halaman ini,. Dapatkan harga lebih murah untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Untuk harga dan stok terbaru harap hubungi kami Mitra 8 via telp atau Whatsapp pada nomer 0852-30990881 atau 0822-57327149 atau via email infobisnis8@gmail.com. Harga dan stok tidak mengikat. Peralatan Air conditioner juga dipergunakan di mobil selain di rumah ataupun di gedung perkantoran dan perbelanjaan. Secara umum peralatan Air conditioner ini mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Mengatur suhu udara.
2. Mengatur sirkulasi udara.
3. Mengatur kelembaban (HUMADITY) udara.
4. Mengatur kebersihan udara.
Secara umumnya Air conditioner berfungsi mempertahankan kondisi udara, baik suhu maupun kelembabannya agar terasa nyaman. Peralatan Air conditioner yang dipergunakan di unit Mobil secara garis besar terdiri dari :
a. Kompresor.
b. Condensor.
c. Extra Fan Kondensor.
d. Drier.
e. Expansion valve.
f. Evaporator / Cooling coil.
g. Blower evaporator.
h. Electrical (Amplifier, kabel, dan lain-lainnya).
Untuk alat-alat service nya kami juga menyediakannya. Untuk mau mengecek
sendiri tekanan freon dan mengisi freon pada mobil Anda hanya butuh
beberapa alat service utama yaitu Manifold dan Quick Coupler R 134a.
Alangkah baiknya jika kita setidaknya mengerti permasalahan pada AC
mobil kita sebelum dibawa ke Bengkel langganan Anda.
Peralatan penunjang dalam cara mengisi freon ac mobil yaitu :
Manifold gauge atau meteran manifold.
Manifold Double meteran R134a
Manifold single R134a
Quick Coupler besar model puteran R134a
Quick Coupler model tancap R134a.
Freon ac mobil. Klea kaleng.
Freon ac mobil R134a, Klea can.
Mitra 8 menjual peralatan untuk mengisi freon ac mobil dan lainnya lengkap :
Alat mengisi freon Manifold R502 double meteran merk Hengseng. Silahkan hubungi kami.
Alat mengisi freon Manifold R502 double meteran merk Tasco. Silahkan hubungi kami.
Juga Manifold R134a Single meteran. Silahkan hubungi kami Mitra 8.
Freon ac mobil R134a kemasan kaleng dan can.
Kompresor ac mobil.
Pada kebanyakan kasus Kompresor lah yang paling sering bermasalah dan salah satu alasan anda memasang kompresor yang sudah diperbaiki (rekondisi) ataupun baru adalah karena kompresor lama yang Original sudah parah keadaannya, Maka dari itu Anda seharusnya bertanya pada diri sendiri mengapa itu terjadi ?
Kompresor tidak rusak begitu saja tanpa alasan, jadi pastikan saat anda memasang kompresor haruslah mengikuti prosedur pemasangan yang benar atau kompresor akan menjadi tambah parah keadaanya jika tidak sesuai prosedur. Ini akan menyebabkan anda kehilangan uang dan waktu. Jadi mengapa yang lama bisa rusak ?
Ada 3 alasan sejenis yang biasanya menyebabkan kerusakan kompresor.
1. Tekanan "Head" terlalu tinggi.
Dalam kasus tekanan Head terlalu tinggi ada 3 alasan yaitu :
- SISTEM TERSUMBAT. (periksa Filter drier, ekspansi dan bagian dalam Kondensor)
- PENGISIAN GAS YANG BERLEBIHAN. untuk jenis kompresor Nippon Denso kompresor sangat sensitif dalam keadaan ini.
- TEKANAN YANG TERLALU TINGGI PADA SISTEM. sistem pendingin mobil tidak memadai, Sirip kondensor buntu, termo fan atau kopling fan sudah tidak berfungsi, terlalu banyak uap air dalam sistem.
2. Pelumas (Oli) yang kurang.
Kekurangan pelumas pada sistem disebabkan oleh 2 hal :
- SISTEM TERSUMBAT. mengurangi aliran balik pelumas ke kompresor. (Ekspansi, drier, kondensor, evaporator / cooling coil yang membeku).
- SISTEM BOCOR. menyebabkan pelumas merembes keluar dari sistem.
3. Gas pendingin yang kurang. Kompresor menjadi sangat panas.
Kebocoran kecil mengakibatkan sistem bekerja dengan cairan yang sedikit
di suplai ke Ekspansi. Gas hisap balik tidak cukup dingin untuk
mendinginkan bagian dalam kompresor. Seal sambungan mengeras dan bocor,
oli semakin berkurang dan bagian metal rusak.
Itulah sebabnya yang menyebabkan kerusakan kompresor. Jika Anda telah
mengetahui penyebab kerusakan kompresor, ikuti prosedur berikut ini
selama pemasangan kompresor baru, agar sistem bekerja tanpa masalah.
1. Flush sistem 2 - 3 kali dengan R 11 atau ERG UFA. Apabila kompesor rusak dan menyebabkan pelumas menjadi kotor dan mengental, sangatlah penting untuk membuang kotoran ini agar tidak kembali ke kompresor dan merusak kompresor baru.
2. Ganti Ekspansinya.
3. Ganti Receiver Driernya.
4. Kosongkan sistem untuk pengisian dan pengujian (di vakum).
Catt. Oli kompresor yang diganti harus kompatibel dengan gas pendingin yang digunakan. Dan gunakan oli standartnya Kompresor.
1. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Tinggi. dan Ukuran sisi
High (meter merah) Tinggi. Udara keluar di Evap sedikit dingin.
Penyebab :
- Terlalu banyak udara kotor yang tidak dapat di kondensasi.
- Udara dan uap air dalam jumlah yang banyak dalam sistem disebabkan
oleh waktu pengosongan yang kurang atau tidak ada proses pengosongan
setelah perbaikan sistem.
- Kebocoran pada komponen dalam sytem menyebabkan udara dan uap air masuk.
- Plat katup kompresor rusak.
Catt : Jarum pada sisi tekanan rendah tidak bergerak ketika siklus on/off kompresor berlangsung.
2. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Tinggi. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap hangat. Kompresor kasar bunyinya. Discharge hose Dingin.
Penyebab :
- Ekspansi valve tersumbat atau tidak dapat terbuka.
3. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Lebih Tinggi atau lebih
rendah dari titik kontrol tekanan. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Normal. Udara keluar di Evap dingin hanya jika bekerja
diatas titik kontrol. Evaporator/cooling coil membeku jika bekerja pada
titik kontrol yang terlalu rendah.
Penyebab :
- Katup kontrol kompresor tidak berfungsi atau menggunakan ukuran katup
yang salah (jika pernah di service). Katup-katup ini ditandai dengan
kode huruf yang menunjukkan tekanan kontrol poin pada sisi Low. Contoh
kode Y. Y = 290 Kpa (absolute) = 160-200 Kpa.
4. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah hingga mendekati Vakum. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap sedikit dingin. Pipa Orifice membeku. Saklar tekanan rendah tidak berfungsi.
Penyebab :
Filter Screen pipa Oriface tersumbat oleh kotoran seperti partikel Aluminium.
5. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Tinggi. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Tinggi. Udara keluar di Evap Hangat. Suction berembun atau membeku.
Penyebab :
- Katup Ekspansi terbuka dan tidak dapat tertutup. Menyebabkan evaporator / cooling coil dibanjiri dengan gas pendingin.
- Biasanya berhubungan dengan posisi yang tidak benar dari temperatur
sensor atau masuknya partikel dan uap air dan menyebabkan pengaratan.
- Atau ekspansi valve sudah tua dan tidak berfungsi dengan baik.
6. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah hingga mendekati vakum. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap sedikit dingin. Katup Ekspansi berembun atau membeku.
Penyebab :
- Katup Ekspansi tertutup dan tidak dapat terbuka menyebabkan aliran gas pendingin pada pipa pengisapan kompresor kurang.
- Biasanya berhubungan dengan kegagalan sensor Ekspansi, terlepas dari
pipa adanya partikel pada Ekspansi atau uap air yang masuk dan
menyebabkan pengaratan.
7. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah hingga mendekati
normal. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Tinggi. Udara keluar di Evap Hangat. Pipa tekanan tinggi
sangat panas. Kompresor dapat terus bekerja pada tekanan tinggi.
Penyebab :
- Pengisian gas pendingin yang berlebihan.
- Kipas mesin atau kipas kondensor tidak berfungsi.
- Sirip-sirip kondensor tertutup kotoran.
- Tidak ada Foam penyekat antara kondensor dan radiator.
- Radiator terlalu panas.
8. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah hingga mendekati
normal. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Normal. Udara keluar di Evap sangat dingin kemudian
hangat. Evaporator membeku. Aliran udara terhambat ketika evaporator
membeku atau siklus kompresor on/off terlalu cepat.
Penyebab :
- Kontrol thermostat tidak berfungsi.
- Set thermostat untuk menjalankan siklus on/off kompresor pada sekitar 4 - 6 deg C.
9. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Tinggi. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Tinggi. Udara keluar di Evap Hangat. Akumulator Hangat.
Penyebab :
- Gas pendingin melewati pipa orifice.
- O ring pada pipa orifice rusak atau hilang.
10. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap dingin. Akumulator Hangat.
Penyebab :
- Kebocoran yang menyebabkan hilangnya gas pendingin atau hilangnya gas
pendingin secara normal dalam jangka waktu 10 tahun operasi.
- Pengisian gas pendingin yang kurang.
11. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Tinggi. dan Ukuran sisi High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap Hangat. Kompresor tidak bekerja.
Penyebab :
Komponen elektrik yang terkena sirkuit terbuka yaitu :
- Termostat.
- Saklar tekanan.
- Coil pada clut.
- Sekring.
- Saklar AC.
- Saklar Angin.
- Kabel.
- Hilangnya Drive belt kompresor . Tidak ada listrik pada system clutch
kompresor. Tekanan operasi tidak normal. Tekanan tinggi dan rendah
kira-kira 500 - 600 Kpa.
12. Permasalahan Ukuran sisi Low (meter biru) Rendah. dan Ukuran sisi
High
(meter merah) Rendah. Udara keluar di Evap sedikit dingin. Pipa tekanan
tinggi dingin dan menunjukkan tanda-tanda pengembunan atau adanya uap
air pada titik setelah gangguan.
Penyebab :
- Adanya partikel asing yang menyebabkan penyumbatan antara bagian
keluaran kompresor dan bagian masukan evaporator. Pipa masukan kompresor
mungkin tersumbat oleh pecahan metal kompresor.
- Sedikit atau tidak ada gas pendingin yang mengalir ke bagian hisapan (rendah) Kompresor.
- Kompresor akan berbunyi kasar, siklus akan sangat cepat tergantung
pada gangguan terjadi pada sebelum atau sesudah saklar tekanan tinggi.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Harga dan stok
tidak mengikat, Untuk informasi harga dan stok terbaru Produk unit
diatas bisa SMS atau WA atau Telp kami dan dapatkan harga diskon
untuk pembelian dalam jumlah tertentu agar harga lebih murah. Silahkan
hubungi kami Via SMS/WA/EMAIL/Telp pada nomer 085230990881 atau via WA 082257327149.
Prinsip kerja Mesin Pendingin. Pada dasarnya tiap-tiap mesin
pendingin terdiri atas :
1. Motor penggerak.
2. Kompresor.
3. Kondensor.
4. Saringan atau filter drier.
5. Pipa kapiler atau katup ekspansi.
6. Pipa penguapan (Evaporator).
7. Refrigerant.
Untuk beberapa harga dari komponen atau alat-alat pendingin yang anda butuhkan
bisa anda cek di sebelah kanan atau silahkan hubungi kami. Via SMS , Telp,
Email atau mengisi kotak komentar di bawah.
A. FUNGSI DARI KOMPRESOR UNIT.
Kompresor unit terdiri dari motor penggerak dan kompresor. Kompresor bertugas
untuk menghisap dan menekan freon sehingga freon beredar dalam unit mesin
Pendingin. Sedangkan motor penggerak bertugas memutarkan kompresor tersebut.
Jika motor penggerak berputar maka akan memutarkan kompresornya. Dengan
berputarnya kompresor maka refrigerant (yang dalam ujud gas) akan naik suhu
maupun tekanannya. Hal ini disebabkan molekul-molekul dari refrigerant bergerak
lebih cepat dan saling bertabrakan akibat adanya kompresi.
B. FUNGSI DARI KONDENSOR UNIT.
Temperatur dari gas refrigerant akan merambat pada pipa-pipa kondensor dan
media pendinginan. Pada bagian kondensor ini diusahakan adanya media
pendinginan yang baik yaitu pemakaian Ekstra Fan yang baik. Dikarenakan dengan
adanya media pendinginan yang baik pada bagian kondensor ini akan membantu
memperlancar terjadinya proses kondensasi atau dalam arti uap panas dari freon
berubah menjadi cairan atau mengembun.
Penempatan kondensor harus pada tempat yang cukup luas agar supaya aliran udara
tidak terhalang. Dan motor fan atau ekstra fan pada kondensor berfungsi untuk
memperlancar alairan udara di sekitar unit Kondensor tersebut.
Selain sistem pendingin yang menggunakan ekstra fan ada juga sistem pendingin
kondensor yang menggunakan Pendingin air (Water cooled), Kondensor
direndam dalam air pada sebuah tabung dan airnya diedarkan dengan pompa.
Temperatur dan tekanan gas freon akan naik terus sampai keseimbangan di capai.
Setelah terjadi proses kondensasi atau pengembunan dari gas freon, Sebagian cairan
di simpan dalam receiver, dan sebagian cairan refrigerant mengalir menerusi
saluran cairan tekanan tinggi menuju refrigerant control setelah melewati drier
strainer (saringan). Tidak semua mesin pendingin di lengkapi dengan receiver /
reservoir.
C. FUNGSI DARI SARINGAN ATAU DRIER.
Biasanya saringan didalamnya terdiri atas silica gel dan screen. Ada juga yang
hanya Screen saja tanpa silica gel. Fungsi dari Silica gel adalah untuk
menyerap kotoran dan Air. Seddangkan Screen yang terdiri dari kawat kasa yang
halus gunanya untuk menyaring kotoran dalam sistem yaitu adanya potongan timah
dan karat juga kotoran bekas pengelasan.
Pada kompresor Hermetis (motor dan kompresor menjadi 1 tempat), Apabila
kotoran-kotoran akibat kawat yang terbakar tersebut melewati pipa kapiler atau
keran ekspansi, akan menyebabkan saluran buntu. dan jika pipa kapiler atau
keran ekspansi buntu maka tidak akan terjadi proses pendinginan.
Waktu menyambung saringan dengan pipa kapiler atau ekspansi, bagian saringan
yang disambung dengan refrigerant control letaknya sebaiknya lebih rendah
dibandingkan dengan bagian saringan yang disambung dengan kondensor agar hanya
refrigerant cair saja yang mengalir masuk ke pengontrol refrigerant.
D. PIPA KAPILER.
Fungsi dari pipa kapiler adalah sebagai pengontrol cairan refrigerant di
sistem. untuk menurunkan tekanan dan mengatur jumlah cairan refrigerant yang
mengalir. Untuk diameter dan panjang dari pipa kapiler tergantung dari
kapasitas mesin pendinginnya. Pada umumnya pengontrol refrigerant pada domestik
refrigerator adalah pipa kapiler. Penggunaan pipa kapiler pada mesin pendingin
akan mempermudah pada waktu start karena dengan mempergunakan pipa kapiler pada
saat sistem tidak bekerja tekanan pada kondensor dan evaporator cenderung sama.
Hal ini berarti meringankan tugas kompresor pada waktu start.
Selain pipa kapiler banyak pula ditemukan mesin pendingin yang menggunakan
ekspansi. Ekspansi berfungsi sama dengan pipa kapiler yaitu menurunkan tekanan
cairan refrigeran dan mengatur jumlah cairan refrigerant yang mengalir dalam
unit sistem pendingin.
Ada 3 macam jenis katup ekspansi :
1. Katup ekspansi otomatis
2. Katup ekspansi thermo Electris.
3. Katup Ekspansi Thermo Statis.
E. REFRIGERANT ATAU FREON.
Untuk terjadinya suatu proses pendinginan di sistem di perlukan suatu bahan
yang mudah dirubah bentuknya dari gas menjadi cair atau sebaliknya untuk
mengambil panas dari evaporator dan membuangnya di kondensor.
Karakteristik thermodinamika refrigerant antara lain meliputi temperatur
penguapan, tekanan penguapan, temperatur pengembunan dan tekanan pengembunan.
Untuk keperluan suatu jenis pendinginan diperlukan refrigerant dengan
karakteristik termodinamika yang tepat. Adapun syarat-syarat umum untuk
refrigerant yaitu :
- Tidak beracun dan tidak berbau merangsang.
- Tidak dapat terbakar atau meledak bila bercampur dengan udara, Pelumas dan
sebagainya.
- Tidak menyebabkan korosi terhadap bahan logam yang dipakai pada sistem
pendingin.
- Bila terjadi kebocoran mudah mencarinya.
- Mempunyai titik didih dan tekanan kondensasi yang rendah.
- Mempunyai susunan kimia yang stabil, Tidak terurai setiap kali dimampatkan,
diembunkan dan diuapkan.
- Pada perbedaan antara tekanan penguapan dan tekanan pengembunan (kondensasi)
harus sekecil mungkin.
- Mempunyai panas laten penguapan yang besar agar panas yang diserap evaporator
sebesar-besarnya
- Tidak merusak tubuh manusia.
- Konduktivitas thermal yang tinggi.
- Viskositas dalam fase cair maupun fase gas rendah agar tahanan aliran
refrigerant dalam pipa sekecil mungkin.
- Harga tidak mahal dan mudah diperoleh.
- Tidak menyebabkan korosi pada material isolator listrik.
F. FUNGSI START KAPASITOR.
Kapasitor juga disebut Condensor, Condensator, Capacitor. Nama lengkapnya Motor
Start Electrolytic Capacitor.
Kapasitor adalah suatu alat listrik yang dapat menyimpan muatan listrik.
terdiri dari 2 lapis logam tipis yang mempunyai pengantar listrik yang baik dan
diantaranya diberi isolator atau dielektrik.
Motor start kapasitor mempunyai 2 satuan yaitu MFD dan V AC.
Microfarad (MFD = MF = uF) Menerangkan kapasitas listrik (electrical
capacitance). Volt Alternating Current (V AC) menerangkan untuk arus
bolak-balik (AC) dan maksimum tegangan (Volt) yang dapat dipakai.
Start kapasitor biasanya mempunyai MFD yang besar dengan bentuk yang kecil. MFD
dari kapasitor mempunyai toleransi 0 - 20 %. Umumnya pada start kapasitor
disebutkan dua nilai MFD. yaitu nilai MFD yang terendah dan MFD yang tertinggi.
Jika hanya disebutkan satu nilai MFD, itu adalah MFD yang terendah.
Start kapasitor direncanakan untuk dipakai dalam waktu yang singkat saja,
paling lama 3 detik dan tidak berulang-ulang. Biasanya hanya diperlukan waktu
satu detik untuk memutar motor listrik sampai mencapai putaran penuh. Jarang
sekali motor listrik yang memerlukan waktu start lebih dari 3 detik. Kesalahan
yang menyebabkan start kapasitor terus menerus dialiri arus listrik sampai
beberapa menit dapat menyebabkan start kapasitor tersebut menjadi panas dan
rusak.
G. FUNGSI MINYAK PELUMAS ATAU OLI PADA MESIN PENDINGIN.
Oli atau minyak pelumas dalam mesin pendingin merupakan bagian yang penting
untuk melumasi dan melindungi bagian - bagian yang bergerak dari kompresor.
Kompresor mesin pendingin harus terus menerus mendapat pelumasan. Jika cara
pelumasannya kurang sempurna, Bagian - bagian yang bergerak dari kompresor akan
cepat menjadi Aus dan Rusak.
Kegunaan minyak pelumas dalam mesin pendingin adalah :
- Mengurangi gesekan dari bagian-bagian yang bergerak.
- Mengurangi terjadinya panas pada Bus dan Bantalan.
- Membentuk lapisan penyekat (Sealing agent) antara torak dan dinding silinder.
- berfungsi membantu mendinginkan kumparan motor listrik di dalam kompresor
hermetik.
Di dalam kompresor minyak pelumas selalu berhubungan, bahkan bercampur dengan
bahan pendingin dan mengalir bersama-sama ke semua bagian dari sistem
(kondensor, pipa kapiler, evaporator, akumulator dan saluran hisap), Pada
bagian - bagian tersebut sebenarnya minyak pelumas tidak diperlukan, Bahkan
hanya menimbulkan kerugian dan gangguan saja.
Minyak pelumas harus tetap stabil pada suhu dan tekanan yang tinggi dari
kompresor, juga harus tetap dapat memberikan pelumasan dan melindungi
bagian-bagian yang bergerak agar tidak aus dan rusak. Pada suhu rendah minyak
pelumas harus tidak menimbulkan kotoran atau endapan yang dapat menyebabkan
pipa kapliler, keran ekspansi atau pipa -pipa pada evaporator menjadi buntu.
Minyak pelumas yang ikut terbawa oleh bahan pendingin harus dapat
dikembalikan ke kompresor dengan perencanaan dari sistem, terutama
evaporator yang baik.
Asal minyak pelumas terbagi dalam 3 golongan asalnya, Yaitu :
1. Hewan
2. Tumbuh-tumbuhan
3. Mineral
Minyak hewan dan minyak tumbuh-tumbuhan adalah minyak yang tetap (fixed oil),
karena tidak dapat dimurnikan tanpa di uraikan. Minyak tersebut tidak stabil,
mudah membentuk asam dan endapan, sehingga tidak dapat dipakai untuk mesin
pendingin.
Minyak pelumas untuk mesin pendingin dibuat dari minyak mineral, yang baik dari
golongan napthene. Minyak mineral harus dibersihkan melalui proses penyulingan
minyak, untuk diambil lilin, air, belerang dan lain-lain kotorannya. Umumnya
minyak pelumas diberi bahan tambahan (additive) untuk menghindarkan terjadinya
endapan dan busa. Minyak pelumas harus mempunyai pour point yang rendah, agar
pada suhu rendah lilinnya tidak memisah lalu mambeku. Lilin yang membeku dapat
membuat buntu alat pengatur bahan pendingin seperti pipa kapiler, keran
ekspansi dan lain-lainnya.
ARTI DAN ISTILAH NAMA DALAM TEHNIK MESIN PENDINGIN
JUGA FUNGSI DARI KOMPONEN TERSEBUT.
Baiklah kita mengenal beberapa istilah arti dari beberapa nama dalam tehnik refrigerasi atau mesin pendingin pada umumnya.
1. ABSORPSI atau Absorption adalah peyerapan. Sistem absorpsi untuk lemari es. Di evaporator terjadi penyerapan amonia oleh gas hidrogen. Di absorber terjadi penyerapan gas amonia oleh air dari campuran gas amonia dan gas hidrogen.
2. AKUMULATOR atau Accumulator. Adalah suatu tabung pengumpul bahan pendingin dari evaporator. Akumulator dapat memisahkan dan mengumpulkan bahan pendingin cair pada bagian bawah. Dari akumulator hanya bahan pendingin gas yang dapat mengalir melalui saluran hisap ke kompresor.
3. ALAMIAH atau Natural yaitu terjadi sewajarnya secara alam, tanpa diberi tambahan daya.
4. ALAT PENCARI KEBOCORAN atau Leak detektor adalah alat untuk mencari tempat kebocoran bahan pendingindari sistem. Yang hanya dapat untuk mencari kebocoran bahan pendingin golongan Fluorocarbon disebut Halide leak detector. Alat pencari kebocoran tersebut ada yang memakai cairan, nyala api ataupun elektronik. Jika tidak mempunyai alat yang khusus, Kita juga dapat memakai air sabun. Air sabun hanya dapat untuk mencari tempat kebocoran pada bagian yang tertentu saja yang mudah dilihat dan mudah diperiksa serta dapat dicapai oleh tangan kita saja.
5. BAHAN PENDINGIN atau Refrigerant atau freon adalah Zat yang mengalir di dalam sistem pendingin. Wujudnya mudah diubah dari gas menjadi cair atau sebaliknya. Di Evaporator menguap sambil mengambil panas dari dalam lemari es dan di kondensor mengembun sambil mengeluarkan panasnya melalui udara yang mendinginkannya. Sifatnya aman dan tidak berbahaya. Macamnya banyak sekali dengan karakteristik yang berlainan. Pemakaiannya disesuaikan dengan macam kompresor dan suhu evaporator yang direncanakan.
6. BAHAN PENGERING atau Desiccant. Adalah bahan untuk mengeringkan uap air pada filter drier.
7. BEKU, CAIRAN PENCEGAH atau Anti freeze liquid adalah suatu cairan yang dimasukkan ke dalam sistem pendingin, dapat menurunkan titik beku air yang tertinggal di dalam sistem.
8. BELLOW adalah sebuah tabung yang bergelombang, apabila mendapat perubahan tekanan dapat bergerak, mengembang atau menyusut. Dipakai pada alat pengatur suhu (thermostat) da sebagai sil penutup poros engkol (shaft seal)kompresor open unit.
9. BUNGA ES atau Frost adalah es halus atau lunak yang terjadi pada permukaan evaporator.
10. DAYA KUDA atau Horse Power atau disingkat DK atau TK (Tenaga Kuda). Dalam bahasa asing disebut HP (Horse Power), PK (Paarde Kracht), PS (Pferde Starke). 1 DK = 75 kg.m/s = 735,5 watt.
25. KELEMBABAN / HUMIDITY Adalah jumlah uap air yang ada di udara. Biasanya dinyatakan dalam persen.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Freon / Refrigerant.
>> Harga Freon Merk DuPont Suva / Chemours. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Refrigerant. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Genetron. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Klea / Kalton. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Forane. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Pure. Klik disini.
>> Harga Freon Merk Musicool. Klik disini.
>> Dll.
(Jenis Bahan Pendingin / Freon R 32, freon R 410a, Freon R 22, Freon R 404a, freon R 407c, freon R 507, freon R 507c, freon R 600, freon R 502, freon R 134a, freon R 11, freon R 123, freon R 141 B).
Freon Kaleng / Aerosol (390 Gram).
>> Harga Freon Klea R 134a kaleng / aerosol. Klik disini.
>> Harga Freon Showa R22 kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Freon R 22 kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Freon R 410a kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Freon R 404a kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Freon R 32 kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Freon R 600 kaleng / aerosol. Hubungi kami.
Spare Part AC dan Alat alat Reparasi / perbaikan AC / unit Refrigerasi.
>> Harga kompresor AC Split. Klik disini.
>> Harga kompresor Copeland Scroll dan Piston. Klik disini.
>> Harga kompresor Daikin. Klik disini.
>> Harga kompresor Danfoss. Klik disini.
>> Harga kompresor Maneurop. Klik disini.
>> Harga kompresor Tecumseh. Klik disini.
>> Harga kompresor Bitzer Open Type dan Semi hermetic. Klik disini.
>> Harga Spare part kompresor Bitzer. Klik disini.
>> Harga Kondensing unit Bitzer pendingin Udara juga spare partnya. Hubungi kami.
>> Harga Kondensing unit Bitzer pendingin Air tawar dan air Laut juga Spare partnya. Hubungi kami.
>> Harga kompresor merk Panasonic. Klik disini.
>> Harga Kompresor merk LG. Klik disini.
>> Harga kompresor Kulkas, Chiller, Frezzer dll. Klik disini.
>> Harga Kondensor Commercial/Chiller/Freezer Dll. Klik disini.
>> Harga kompresor Tecumseh Untuk kulkas / frezer. Klik disini.
>> Harga Kondensing unit Tecumseh. Klik disini.
>> Harga freon / Refrigerant. Freon R 32, freon R 410a, Freon R 22, Freon R 404a, freon R 407c, freon R 507c, freon R 600, freon R 502, freon R 134a, freon R 11, freon R 123, freon R 141 B. Klik disini.
>> Harga Pipa Tembaga AC, Inaba Denko, Hoda, Tateyama, Nippon Stell, Tecom, Top Inverter, Fecto, Kembla, Artic, Dll. Klik disini.
>> Harga Pipa Aluminium AC Mobil. Klik disini.
>> Harga pipa Kapiler. Klik disini.
>> Harga Kapasitor AC. Klik disini.
>> Harga Overload & Perak Las AC. Klik disini.
>> Harga Perak las / Kawat las tembaga. Klik disini.
>> Harga Kawat Las Aluminium / Aluplatinum. Klik disini.
>> Harga Flux / Obat Las Aluminium. Klik disini.
>> Harga Manifold U/ Freon R 32, R 410a, R 134a, R 22, Dll. Klik disini.
>> Harga Alat Las praktis pipa tembaga. Klik disini.
>> Harga Kepala las gas kaleng / aerosol. Hubungi kami.
>> Harga Gas Las kaleng / aerosol Top Las. Hubungi kami.
>> Harga Manifold merk Refco, Robinair, Tasco, Hengseng, dll. Hubungi kami.
>> Harga Oli Suniso (oli kompresor, dll). Klik disini.
>> Harga Oli Emkarate (oli kompresor, dll). Klik disini.
>> Harga Oli Merk ND-Oil 8 (oli kompresor, dll). Klik disini.
>> Harga Modul PCB Indoor AC Split. Klik disini.
>> Harga Cover Plastik 1 pk, 2 pk dan 5 pk cassette untuk Cuci service AC. Klik disini.
>> Harga Pembengkok Pipa Tembaga / Bending. Klik disini.
>> Harga Remote AC Type Universal. Klik disini.
>> Harga Tang Ampere Digital & Analog. Klik disini.
>> Harga alat pendeteksi kebocoran gas freon / Leak detektor. Klik disini.
>> Harga Thermometer Digital & Analog. Klik disini.
>> Harga Jet Cleaner / alat cuci AC, Kyowa, kyodo, Starwash / Lakoni dll. Klik disini.
>> Harga Nozzel / Spuyer Jet Cleaner Kyodo/Kyowa. Klik disini.
>> Harga Khusus SparePart Jet Cleaner Kyodo/Kyowa. Klik disini.
>> Harga Selang Pipa Jet Cleaner Kyodo/Kyowa. Klik disini.
>> Harga Vacuum Pump / Mesin Pompa Vakum merk Robinair, Value, Hd, Dll. Klik disini.
>> Harga Cairan Pembersih Evaporator/Cooling Coil AC / Applied. Klik disini.
>> Harga Bracket / Pangkon Outdoor AC. Klik disini.
>> Harga Motor Swing Indoor AC. Klik disini.
>> Harga Akumulator Emerson. Hubungi kami.
>> Harga Alumunium Foil. Hubungi kami.
>> Harga Axial Fan. Hubungi kami.
>> Harga Ball Valve Castel / Danfoss. Hubungi kami.
>> Harga Kondensing unit Tecumseh, dll. Hubungi kami.
>> Harga Elbow Tembaga. Hubungi kami.
>> Harga Nepel Tembaga. Hubungi kami.
>> Harga Nut Tembaga. Hubungi kami.
>> Harga Sock Tembaga. Hubungi kami.
>> Harga Tee Tembaga. Hubungi kami.
>> Harga Ekspansi Danfoss. Hubungi kami.
>> Harga Orifice Danfoss / Castel. Hubungi kami.
>> Harga Body Valve. Hubungi kami.
>> Harga Flexible Duck + Glasswoll. Hubungi kami.
>> Harga Flering tools. Hubungi kami.
>> Harga Filter AC Lembaran. Hubungi kami.
>> Harga Glasswool density. Hubungi kami.
>> Harga High Low Pressure Danfoss. Hubungi kami.
>> Harga Heater drain, Heater kaca, Heater coil . Hubungi kami.
>> Harga Hand Valve. Hubungi kami.
>> Harga Duct tape lem / non lem. Hubungi kami.
>> Harga Insulation pipa ac Amarflex / Insuflex dll. Hubungi kami.
>> Harga Kran Outdoor AC. Hubungi kami.
>> Harga Kran Kaleng R 410a, R 134a, R 22, R 32 dll. Hubungi kami.
>> Harga Oil Separator. Hubungi kami.
>> Harga Pipa Tembaga Batangan. Hubungi kami.
>> Harga Pipa AC Tembaga set Roll / Pipa AC inverter (R 32 / R 410a). Hubungi kami.
>> Harga Thermometer digital dan analog (Alat membaca suhu udara). Hubungi kami.
>> Harga Termistor ac. Hubungi kami.
>> Harga Reflektor Penahan hembusan angin AC split. Hubungi kami.
>> Harga Sigh Glass Castel / Danfoss. Hubungi kami.
>> Harga Selenoid Castel / Danfoss. Hubungi kami.
>> Dll.
Spare part Kulkas.
>> Harga kompresor Kulkas, Chiller, Frezzer dll. Klik disini.
>> Harga Evaporator kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Evaporator no frost kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Kondensor Kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Fan motor unit. Hubungi kami.
>> Harga pipa Kapiler. Klik disini.
>> Harga Filter Drier dan Filter isi. Hubungi kami.
>> Harga Overload gepeng dan Bundar. Hubungi kami.
>> Harga Pentil isi freon. Hubungi kami.
>> Harga Fan motor kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Fan kondensor. Hubungi kami.
>> Harga Heater kaca kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Relay kulkas / frezer. Hubungi kami.
>> Harga Defrost. Hubungi kami.
>> Harga Lem Hijau / Lacostic. Hubungi kami.
>> Harga Receiver Tank. Hubungi kami.
>> Harga Timer kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Termostat kulkas. Hubungi kami.
>> Harga Starting Kapasitor. Hubungi kami.
>> Dll.
Spare part Mesin Cuci
>> Harga Spare part Mesin Cuci. Klik disini.
>> Harga Modul PCB Universal Mesin cuci 1 Tabung. Klik disini.
>> Harga Modul PCB Mesin Cuci 1 tabung (Samsung, Denpoo, Sanken, Sharp, Sanyo, Polytron, LG, Electrolux, Panasonic, Toshiba, Dll). Klik disini.
>> Harga Timer Mesin Cuci. Klik disini.
>> Harga Seal karet Pengering Mesin Cuci. Klik disini.
>> Harga Water level Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Motor Drain Mesin cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Drain Pump Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Selenoid Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Selang dalam Mesin Cuci bengkok 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Timer Kulkas. Klik disini.
>> Harga Kran kaleng aerosol 134a. Klik disini.
>> Harga Kapasitor Mesin Cuci. Hubungi kami.
>> Harga Palang Segitiga Plat bawah Mesin Cuci 1 Tabung. Hubungi kami.
>> Harga Inti Pulsator Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Motor Direct Mesin Cuci Front Loading. Hubungi kami.
>> Harga Sensor Motor Direct Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Switch pintu mesin cuci Front Loading / Top Loading. Hubungi kami.
>> Harga Quick Couplers R 134a. Klik disini.
>> Harga Lem Evaporator Khusus Kulkas. Klik disini.
>> Harga Motor dinamo Pencuci & Pengering Mesin Cuci. Klik disini.
>> Harga Gear Box Mesin Cuci. Klik disini.
>> Harga Gear Box Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Per Tabung Top Loading. Hubungi kami.
>> Harga Selang pembuangan Mesin Cuci 1 tabung. Hubungi kami.
>> Harga Selang dalam Mesin Cuci 1 tabung bengkok. Hubungi kami.
>> Dll.
SPARE PART AC MOBIL.
>> Mengenal & Belajar Permasalahan AC Mobil. Klik disini.
>> Harga Kompresor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Kompresor AC alat berat SD7H15. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10P 13C. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10P 15C. Klik disini.
>> Harga Kompresor ND type 10PA 15C. Klik disini.
>> Harga kompresor AC Mobil Harrier. Klik disini.
>> Harga Kompresor Opel Blazer (Delpfi). Klik disini.
>> Harga Kompresor Mobil Ford Escape. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda Civic. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda CRV 2000-2002. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda City. Klik disini.
>> Harga Kompresor Genio. Klik disini.
>> Harga Kompresor Estillo. Klik disini.
>> Harga Kompresor Panther, Diesel. Klik disini.
>> Harga Kompresor Honda Stream. Klik disini.
>> Harga Evaporator / Cooling Coil ac mobil. Klik disini.
>> Harga Cooling Coil Hyundai Atoz. Klik disini.
>> Harga Cooling Coil Grand Livina. Klik disini.
>> Harga Kondensor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Filter/Receiver Drier & Ekspansi ac mobil. Klik disini.
>> Harga Aneka Fitting pipa ac mobil. Klik disini.
>> Harga Extra Fan & Motor Fan ac mobil. Klik disini.
>> Harga Motor Blower, Double Blower & Filter Udara Evaporator ac mobil. Klik disini.
>> Harga Pressure Switch & Thermostat ac mobil. Klik disini.
>> Harga Spool Magnet Compressor & Magnet Clutch Compressor ac mobil. Klik disini.
>> Harga Aneka Selang pipa AC Mobil. Klik disini.
>> Harga alat press selang AC mobil. Klik disini.
>> Dll.
Harga dan stok tidak mengikat, Untuk informasi harga dan stok terbaru sparepart ac mobil ini bisa SMS atau WA atau Telp kami dan dapatkan harga diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu agar harga lebih murah. Silahkan hubungi kami Via SMS / WA / EMAIL / Telp pada nomer 0852-30990881 atau via WA : 0822-57327149. Via Email : infobisnis8@gmail.com. Pusat kebutuhan Spare part pendingin / AC dan mesin refrigerasi lainnya. Terbaru, terlengkap dan terpercaya di Mitra 8.
Toko Online tempat menjual Kebutuhan unit alat-alat dan spareparts Pendingin, AC, AC Mobil, Kulkas, Frezer, Coolstorage, dll, melayani pemesanan penjualan komponent pendingin dan freon AC, AC Mobil, Kulkas Anda. Jika anda kesulitan dalam pengadaan alat-alat AC, AC Mobil, Kulkas, dll. Kami akan membantu menyediakannya untuk anda dengan cara yang praktis dan mudah melalui toko online kami.
085230990881 atau via WhatsApp 082257327149.
atau via email di infobisnis8@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar